Statistika

Spesifikasi Program Studi

More Info —–> http://statistika.unisba.ac.id

Perguruan Tinggi :    Universitas Islam Bandung
Fakultas :    Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan :    Statistika
Status :    Terakreditasi B oleh BAN-PT Tahun 2009 (SK BAN-PT No: 003/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009).
Gelar Lulusan :    Sarjana Sains (S.Si)
Nama Program Studi :    Statistika
Profil Lulusan

:    Insan yang menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islaman dan etika dalam penerapan statistika di berbagai bidang, baik secara ilmu maupun profesi, serta mampu bersaing dalam menjawab setiap peluang dan tantangan dari perkembangan statistika saat ini dan di masa yang akan datang.


Visi Program Studi Statistika

Menjadi suatu Program Studi Statistika terkemuka yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dalam mengkaji dan mengembangkan peranan statistika sebagai ilmu dan profesi dalam pembangunan melalui pendidikan yang berkompetensi, serta peningkatan sumber daya manusia yang berakhlaqul-karimah dalam penguasaan teori dan aplikasi statistika

Misi Program Studi Statistika

Seluruh staf Program Studi Statistika Unisba berkomitmen dalam:

  • Menyelenggarakan pendidikan Statistika yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
  • Mengupayakan agar lulusan Statistika: mempunyai ahlak mulia, kemandirian, kepribadian dan kepemimpinan yang berjiwa Islam dengan emosional yang matang, mampu bekerjasama dalam tim dengan pakar lain, mempunyai landasan Statistika dan komputasi yang kuat, profesional dalam terapan statistik, serta leterate dalm teknologi informasi.
  • Menyelenggarakan penelitian, pelatihan, dan forum konsultasi bagi pihak-pihak yang membutuhkan sehubungan dengan analisis dan pengolahan data statistik yang memerlukan sumbangan pikiran dan keahlian para ahli statistik.
  • Menyelenggarakan penerbitan bahan bacaan, media berkala, serta komunikasi lainnya untuk menyalurkan karya dan berita di bidang perkembangan statistika sebagai bahan informasi dan pengetahuan bagi masyarakat luas.

Tujuan Pendidikan

  • Menghasilkan sumber daya manusia (lulusan) yang berakhlaqul-karimah dan handal dalam penguasaan teori dan aplikasi statistika baik untuk keperluan akademik maupun profesi.
  • Menjadi lembaga atau institusi unggulan dalam pengembangan peranan statistika melalui berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berguna bagi pembangunan regional dan nasional.
  • Menyediakan informasi mengenai perkembangan statistika yang mudah diakses oleh para akademisi, peneliti, dan para pengguna atau pemerhati statistika, baik di tingkat nasional maupun internasional.